Tips Mengikuti SKB Dokter Agar Memenuhi Kualifikasi

Tips mengikuti SKB dokter seringkali menjadi perbincangan di kalangan CPNS yang mendaftar di formasi kedokteran. Hal ini tak luput dari pentingnya kedudukan SKB dalam menentukan lolos tidaknya keikutsertaan peserta. Oleh karenanya akan sangat baik jika peserta mengetahui tips tersebut sebelum seleksi berlangsung.

Tips mengikuti SKB dokter bagi peserta CPNS

Berikut ini beberapa tips mengikuti SKB yang penting untuk diketahui bagi CPNS agar dapat memiliki kualifikasi yang cukup dalam menghadapi seleksi.

Tips Mengikuti SKB Dokter Pertama : Tidak membiasakan kebut semalam

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh peserta SKB biasanya terlalu mendadak dalam mempersiapkan diri atau kebut semalam. Akibatnya persiapan yang mepet membuat peserta kehilangan konsentrasi ketika harus menghadapi seleksi di keesokan harinya.

Mampu memanajemen waktu

Manajemen waktu tidak hanya dilakukan sebelum dan ketika menjelang seleksi, namun pada saat SKB berlangsung peserta juga harus mampu memaksimalkan penggunaan waktu yang tersedia. Mengingat proses seleksi sangat dibatasi oleh waktu, maka tips yang keduanya ini harus diperhatikan

Baca Juga  Ebook SKB Dokter Umum dan Materi Di Dalamnya

Tidak memahami bidang kedokteran secara khusus

Tips mengikuti SKB dokter yang satu ini menyarankan agar peserta SKB tidak memahami apa yang dipelajarinya terbatas pada materi-materi khusus. Jika bidangnya adalah dokter, pastikan peserta mampu memahami seluruh aspek pendukung yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Dapat menerima apapun jenis ujian

Biasanya, tahapan seleksi dalam SKB dokter akan mengujikan beberapa jenis seleksi khusus di bidang kedokteran. Peserta dalam menjalani seleksi ini harus bersedia menghadapi semua jenis ujian yang diselenggarakan oleh instansi terkait. Untuk itu sangat tidak direkomendasikan jika peserta hanya memprioritaskan salah satu diantara jenis ujian yang ada.

Menghindari prinsip belajar untuk ujian

Kualifikasi yang dibutuhkan ketika mengikuti SKB dokter selanjutnya yaitu tidak terpaku pada materi yang dihafalkan, namun memiliki dasar pemahaman yang cukup. Sehingga prinsip belajar yang diterapkan harus ditujukan untuk memupuk keahlian diri di bidang dokter, dan bukan disebabkan karena akan mengikuti ujian semata.

Baca Juga  Kriteria Bimbel SKB Dokter Kompeten di Bidang SKB Dokter

Maksimalkan kualifikasi keikutsertaan Anda dengan memperhatikan semua tips mengikuti SKB dokter di atas. Jika Anda ingin melakukannya dengan cara lebih baik, mungkin dapat mempertimbangkan layanan bimbel guna membantu proses kesiapan Anda nantinya.

Untuk anda yang ingin memiliki nilai yang tinggi dalam ujian skb dokter, jangan lupa perbanyak latihan soal skb dokter ya

Scroll to Top