Tips Lolos Seleksi Wawancara SKB Dokter Bagi Peserta CPNS Pemula

Peserta CPNS yang baru pertama kali mengikuti seleksi SKB tentu akan memiliki tantangan tersendiri dibanding peserta lain yang sebelumnya pernah mengikuti seleksi. Termasuk pula dalam hal seleksi wawancara SKB dokter yang membutuhkan persiapan matang untuk dapat lolos seleksi. Berikut ini tips yang bisa diterapkan bagi CPNS formasi kedokteran untuk bisa melewati tahapan wawancara pada SKB.

Tips Lolos Seleksi Wawancara SKB Dokter Bagi Pemula

Tips Lolos Seleksi Wawancara SKB Dokter Pertama : Menambah lebih banyak wawasan

Berbeda dengan seleksi dalam bentuk soal ujian, wawancara sendiri memungkinkan peserta harus menunjukkan wawasan yang dimilikinya seluas mungkin. Artinya, sebelum pelaksanaan SKB dokter peserta harus menambah lebih banyak wawasan sebagai modal awal dalam menghadapi seleksi wawancara.

Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif

Agar mampu bersaing dengan peserta yang lebih berpengalaman, CPNS pemula harus mengembangkan diri dalam hal berpikir yang meliputi tiga hal, yaitu kritis, kreatif, dan inovatif. Wujudkan tiga hal ini dalam bentuk kemampuan berbicara. Sehingga menjadi nilai tambah dan memperbesar peluang lolos seleksi wawancara SKB dokter.

Baca Juga  Grup telegram PPPK Kesehatan Terbaru dan Terupdate

Anggap penguji seperti saudara

Masalah klasik yang sering dialami ketika seleksi wawancara berlangsung yaitu tekanan dari penguji. Untuk meminimalisir agar tidak mengalami tekanan tersebut, anggaplah penguji seperti layaknya saudara bagaimanapun caranya melontarkan pertanyaan. Kuasailah ruang dialog/pembicaraan dengan menghindari jebakan penguji serta berusaha memberikan keterangan dengan cara yang tegas dan tidak berbelit-belit.

Belajar mengendalikan diri

Bukan hanya seleksi dalam bentuk soal ujian, agar lolos seleksi wawancara SKB dokter maka diperlukan juga kemampuan konsentrasi. Kemampuan ini hanya bisa diperoleh apabila peserta mampu mengendalikan diri selama proses wawancara berlangsung. Adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pengendalian diri yaitu wawasan di bidang kedokteran.

Kontrol emosional dan intelektual

Dalam proses wawancara, maka bukan hanya wawasan saja yang akan diuji, melainkan emosional juga menjadi sasaran pengujian. Untuk itu tingkatkan kemampuan intelektual yang dimiliki agar mampu mengimbangi emosional ketika memperoleh tekanan yang menyebabkan konsentrasi buyar.

Baca Juga  Cara Memilih Mentor SKB Dokter yang Tepat untuk Menghadapi SKB Dokter

Wawancara merupakan bagian dari serangkaian seleksi yang paling menentukan terhadap lolos tidaknya keikutsertaan dalam seleksi CPNS. Oleh sebab itu pastikan ketika mengikuti seleksi ini tidak melakukan kesalahan fatal yang bisa berdampak pada peluang lolos seleksi wawancara SKB dokter.

Bagi anda yang ingin sukses menghadapi ujian CAT SKB Dokter, jangan lupa perbanyak melakukan try out SKB CPNS SKB Dokter

Scroll to Top