Panduan Mengerjakan Soal SKB Dokter yang Paling Ideal

Menghadapi SKB dokter bukanlah tahapan yang mudah untuk dapat meraih kelulusan. Meskipun tingkat persaingannya tidak seketat SKD, namun sebagai peserta tetap harus menyusun strategi yang tepat dalam menjalani seleksi tersebut. Untuk itu berikut ini panduan mengerjakan soal SKB dokter yang bisa diaplikasikan ketika menghadapi seleksi.

Panduan mengerjakan soal SKB Dokter bagi CPNS formasi dokter

Mungkin panduan di bawah ini tidak berbeda jauh dengan panduan mengerjakan soal SKB pada umumnya. Namun dengan menerapkan panduan tersebut, setidaknya dapat mempermudah peserta SKB dokter dalam menghadapinya nanti.

Panduan Mengerjakan Soal SKB Dokter Pertama : Kenali teknis ujian tes CAT SKB Dokter

Setiap instansi penyelenggara tentu akan mengadakan tes CAT di tahapan SKB, tanpa terkecuali formasi dokter. CAT sendiri merupakan tes atau ujian berbasis komputer yang juga disematkan dalam seleksi tahap SKD. Perbedaan antara CAT pada SKD dan SKB berada pada format soal yang keluar. Sebelum mengikuti ujian, alangkah baiknya jika peserta berlatih CAT untuk SKB dokter terlebih dulu.

Baca Juga  Cara Memprediksi Soal SKB Dokter Yang Akan Keluar

Cermati semua soal SKB Dokter yang keluar

Ini merupakan Panduan Mengerjakan Soal SKB Dokter kedua. Setelah mendapat soal dan sebelum mengerjakannya, peserta perlu membaca secara keseluruhan secara sekilas agar dapat mengetahui gambaran soal yang harus dijawab. Melalui cara ini peserta juga dapat menentukan langkah yang tepat selama proses pengerjaan, seperti bagian awal yang harus dikerjakan, penentuan estimasi waktu, dan lain sebagainya.

Kerjakan soal paling mudah terlebih dulu

Sama halnya mengerjakan tes dalam bentuk soal tekstual pada umumnya. Dalam proses pengerjaan sangat disarankan agar mendahulukan soal yang terbilang mudah untuk memanajemen waktu. Artinya jika peserta menemui soal yang cenderung sulit, maka haruslah segera melewati dan mulai mengerjakan soal berikutnya.

Tidak memprioritaskan soal berhitung

Ini merupakan Panduan Mengerjakan Soal SKB Dokter Ketiga. Maksud tidak memprioritaskan bukan berarti mengabaikannya begitu saja. Soal berhitung mungkin sudah diketahui prosedur cara mengerjakannya, namun jika prosedur tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar akibat rumus yang panjang atau penyebab lainnya, maka lebih baik mendahulukan soal umum yang cenderung mudah diselesaikan kemudian menyusul pengerjaan soal berhitung tersebut.

Baca Juga  SKB Dokter Umum CPNS dan Soalnya

Mengulangi pengerjaan dari awal

Setelah berhasil menyelesaikan soal yang dianggap lebih mudah, pada waktu yang masih tersisa peserta bisa memaksimalkannya untuk mengerjakan soal-soal lain yang belum terjawab atau dilewati pada kesempatan sebelumnya. Tinggalkan soal jika sudah tidak memungkinkan untuk menemukan jawabannya, kemudian dilanjutkan ke soal berikutnya yang juga belum terjawab.

Panduan mengerjakan soal SKB dokter di atas hanya beberapa diantaranya dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan. Namun setidaknya dengan panduan tersebut bisa membantu peserta ketika ujian CAT SKB dokter tengah berlangsung. Untuk melatih anda mengerjakan soal skb dokter silahkan ikuti try out skb dokter umum sekarang juga.

Scroll to Top